Meria Fitriwati

Nama Meria Fitriwati, S.Pd mengajar di MAN 3 Pesisir Selatan Sumatera Barat. Berasal dari Kamang Mudik Kab. Agam Sumatera Barat. Tamatan S1 Pendidikan Bahasa In...

Selengkapnya
Navigasi Web

Pentingkah Berbicara

#TantanganGurusiana

Tantangan Menulis hari ke 17

Setelah adanya pembahasan tentang membaca, menulis, dan mendengar, maka berbicara juga merupakan salah satu yang sangat penting dalam kehidupan kita. Kemampuan dalam berbicara adalah merupakan sesuatu yang harus dan wajib kita syukuri.

Apa itu berbicara? Berbicara adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk berkomunikasi baik dalam menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain atau lawan bicara. Dengan berbicara akan membuat segala sesuatunya akan mudah dipahami dan apa yang ingin disampaikan akan segera menuju sasarannya.

Namun dalam berbicara, sebaik-baiknya adalah pembicaraan yang mampu membuat orang untuk selalu berfikiran positif dan bertindak sesuai dengan tuntutan agama. Sebaiknya apa yang keluar dari hasil pembicaraan itu membawa kepada ketenangan bukan malah menimbulkan sebuah masalah.

Hindarilah pembicaraan yang tidak bermanfaat atau malah membuat orang lain terluka dan sakit hati. Setiap pembicaraan alangkah bagusnya kita menjauhi dari perbuatan yang tercela dan tidak sesuai dengan perintah agama. Contohnya jangan ghibah. Ghibah itu terjadi salah satunya karena adanya pembicaraan. Nah pembicaraan yang tidak dibenarkan agama ini bagusnya jangan pernah dilakukan atau minimal menghindar dari keadaan tersebut.

Dari penjelasan di atas timbullah sebuah pertanyaan, pentingkah berbicara?

Jawabannya tentu saja sangat penting. Tetapi kita harus memposisikannya pada perintah Allah. Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang mampu berbicara dalam kebaikan seperti tuntutan ajaran agama. Setiap perkataan yang keluar dari mulut kita adalah perkataan yang tidak menyalahkan aturan agama. Semoga kita selalu dalam naungan berbicara dengan baik dan penuh ilmu serta didikan yang bisa membuat orang lain juga merasakan senang, tenang, tabah.

Kamis, 13 Februari 2020 jam 18.12 WIB oleh Meria Fitriwati

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Seperti mendapat siraman rohani, bikin manggutmanggut tanda setuju. Saya tunggu yang selajutnya Bu...

13 Feb
Balas

Alhamdulillah. Sukron pak

14 Feb

Menyenukkan cx buk, trima ksih tlh mengingatkn..

13 Feb
Balas

Wah ada bapak di sini, trims pak

14 Feb

Hehe, ku selalu hadir di hari2 mu hahaha

17 Feb
Balas



search

New Post